EnglishFrenchGermanSpainItalianDutch RussianPortugueseJapaneseKorean ArabicChinese Simplified
Choose Your Language

Thursday 17 March 2011

Tsunami Jepang

Peneliti Jepang memastikan tsunami pada 11 Maret 2011 yang meluluh-lantakkan pantai timur Negeri Sakura itu setinggi 23 meter. Bandingkan dengan tsunami yang pernah menghantam Aceh pada 2004, yakni setinggi 9 meter setelah gempa berkekuatan 9,3 Skala Richter.

Pernyataan itu terungkap setelah para ilmuwan melakukan penelitian dengan sistem pengaturan posisi global dan alat-alat pengukuran, Jumat (18/3). Hasil penelitian dicatat Institut Riset Bandara dan Pelabuhan setempat.

Tsunami di Jepang terjadi setelah gempa berkekuatan 9 Skala Richter mengguncang Negeri Matahari Terbit. Namun, peneliti mencatat gelombang itu masih kalah dahsyat ketimbang tsunami yang menghantam Jepang pada tahun 1896, yakni 38,2 meter.

Otoritas Informasi Geospasian Jepang mengatakan gempa dahsyat dan tsunami sepekan silam menghanyutkan Ofunato, prefektur Iwate. Sekitar 400 kilometer persegi wilayah Ofunato kebanjiran. Angka itu mungkin akan direvisi karena peneliti belum menganalisi 20 persen daerah yang terkena dampak tsunami.

0 comments :

Post a Comment

Share |