EnglishFrenchGermanSpainItalianDutch RussianPortugueseJapaneseKorean ArabicChinese Simplified
Choose Your Language

Sunday 6 November 2011

Tahukah Anda


Tahukah Anda, sejak 26 Oktober 2009, GeoCities (Yahoo!) tidak lagi tersedia, lebih tepatnya Yahoo! sudah menutup GeoCities, tetapi layanan lainnya seperti e-mail masih tetap tesedia seperti biasa.


Jika suatu saat Anda menghidupkan komputer tetapi di layar tidak nampak apa-apa, pada hal hari-hari sebelumnya komputer Anda baik, coba periksa VGA CARD yang terpasang pada komoputer Anda. Sebab yang berfungsi untuk menampilkan informasi ke layar adalah VGA CARD. Permasalahan bisa terjadi karena VGA CARD kotor. Sebab VGA CARD yang kotor (banyak debu) menyebabkan VGA CARD tidak dapat berfungsi. Cabut VGA CARD kemudian bersihkan dengan kuas, juga bersihkan tempat tancapan VGA CARD. Setelah bersih pasang kembali VGA CARD tersebut, kemudian hidupkan kembali komputer. Jika tetap sama (di layar tidak nampak apa-apa), kemungkinan VGA CARD mengalami kerusakan. Untuk memastikannya, cobalah gunakan VGA CARD yang lain, jika layar dapat hidup (dapat menampilkan informasi), berarti VGA CARD yang tadi sudah rusak. Tetapi jika tetap sama (di layar tidak nampak apa-apa), berarti ada kesalahan pada bagian yang lain.


Otak komputer disebut dengan PROCESSOR atau CPU (Central Processing Unit - Unit Pengolah Utama). Saat ini (Desember 2008) processor terbaru atau processor paling canggih untuk PC (Personal Computer - Komputer Pribadi) adalah Intel Core 2 Duo, Intel Core 2 Quad, Intel Core 2 Extreme, Intel Core i7 dan Intel Core i7 processor Extreme. Yang dimaksud dengan PC (Personal Computer - Komputer Pribadi) adalah komputer seperti yang terdapat pada kursus-kursus komputer, komputer pribadi ini disebut juga dengan komputer desktop. Disebut komputer pribadi karena memang komputer ini hanya dapat digunakan oleh 1 orang, dan disebut komputer desktop karena umumnya komputer ini letaknya di atas meja. Sedangkan processor terbaru untuk Laptop / Notebook (komputer yang dapat dibawa-bawa) adalah Intel Core 2 Duo, Intel Centrino 2 dan Intel Core 2 Extreme. Bagaimana teman, are you ready for computing more?


Apakah Anda tahu, kini PayPal semakin canggih, PayPal sudah mendukung berbagai bahasa, termasuk Bahasa Indonesia. Apa itu PayPal? PayPal adalah alat untuk mengirim dan menerima pembayaran secara online (send and receive payments online). Weee, Internet semakin canggih ya? Agar Anda dapat menggunakan PayPal, maka Anda harus memiliki kartu kredit (credit card) terlebih dahulu.


OUTLOOK EXPRESS adalah sebuah perangkat lunak untuk menerima dan mengirim e-mail. Outlook Express sudah terpasang (built in) dalam Windows Anda. Dengan Outlook Express, maka Anda dapat membaca dan mengetik e-mail tanpa koneksi ke Internet. Dengan demikian maka Anda dapat menghemat pulsa, waktu dan tenaga bagi pengguna Telkomnet Instan. Dalam Windows Vista, Outlook Express sudah diubah namanya menjadi Windows Mail. Cara menjalankan Windows Mail: Klik Start, klik All Programs, kemudian klik Windows Mail. Saat ini (Maret 2008), Yahoo! Mail tidak lagi gratis untuk Outlook Express (Windows XP) maupun dengan Windows Mail (Windows Vista). Agar Anda dapat menggunakan Yahoo! Mail dengan Outlook Express atau Windows Mail, maka Anda harus menggunakan e-mail yang berbayar (Yahoo! Mail Plus).


Apakah saya sudah pernah bercerita tentang CD-RW dan CD-R? CD-RW yang merupakan singkatan dari Compact Disc Rewritable adalah sebuah jenis CD yang dapat kita isi sendiri, kemudian isinya dapat kita hapus jika diinginkan. Sedangkan CD-R (Compact Disc Recordable), sama seperti CD-RW, tetapi sekali CD-R kita isi, maka isinya tidak dapat lagi kita ubah atau kita hapus, hanya dapat ditambah hingga penuh. Agar Anda dapat menggunakan CD-RW maupun CD-R, maka alat yang perlu Anda beli adalah DRIVE CD-RW. Cara menggunakan CD-RW sama dengan CD-R. Kapasitas CD-RW maupun CD-R berada antara 600 MB hingga 700 MB. Setelah CD-RW atau CD-R selesai kita isi, selanjunya CD-RW atau CD-R sudah dapat dibaca menggunakan drive CD-ROM maupun drive CD-RW.


Dan tahukah Anda, sebagaimana dengan CD-R dan CD-RW, kini sudah hadir DVD (Digital Video Disc) yang juga terdiri dari 2 jenis: DVD-R dan DVD-RW. DVD-R adalah jenis DVD yang dapat kita isi sendiri dengan komputer, tetapi sekali DVD-R kita isi maka isinya tidak dapat lagi kita ubah, hanya dapat kita tambah hingga penuh. Jadi sama seperti CD-R. Sedangkan DVD-RW adalah jenis DVD yang isinya dapat kita hapus, dan mengisinya kembali dengan data-data yang lain. Tetapi dalam Windows Vista, DVD-R dapat kita buat seperti DVD-RW. Wah, kemajuan pesat, ya? Agar Anda dapat menggunakan DVD-R atau DVD-RW, maka komputer Anda harus dipasangkan DRIVE DVD-RW. Drive DVD-RW ini disebut juga dengan decoder. Selain untuk menangani DVD-R(RW), drive DVD-RW juga dapat digunakan untuk menangani CD-R(RW). Cara mengisi DVD-R(RW) sama seperti CD-R(RW). Penulisan untuk DVD-R dan DVD-RW sering disingkat dengan DVD-R(RW): artinya DVD-R dan atau DVD-RW. Dan penulisan untuk CD-R dan CD-RW sering disingkat dengan CD-R(RW): artinya CD-R dan atau CD-RW. Teknologi yang sama juga digunakan DVDCam (Handycam yang menggunakan DVD). Piringan DVD-R atau DVD-RW yang digunakan Handycam, juga dapat dibaca oleh drive DVD-RW yang terpasang pada komputer Anda. Sebagaimana dengan piringan CD-R(RW), ukuran fisik piringan DVD-R(RW) juga terdiri dari 2 jenis: kecil (mini) dan besar. Saat ini, kapasitas DVD-R(RW) berukuran besar adalah 4,5 GB. Sedangkan Handycam hanya dapat menggunakan DVD-R(RW) berukuran kecil (sebagai contoh 1,37 GB untuk durasi 60 menit).


Untuk menghemat pulsa, waktu dan tenaga, Anda dapat menggunakan Outlook Express untuk mengirim dan menerima e-mail. Agar Anda dapat menggunakan Outlook Express, maka Anda harus menggunakan TELKOM.NET atau webmail sejenisnya yang mendukung POP3. TELKOM.NET adalah salah satu penyedia e-mail gratis berbasis POP3. Kemudian men-setup Outlook Express agar dapat membaca TELKOM.NET. Cara kerja Outlook Express adalah sebagai berikut: Membaca seluruh e-mail yang ada dalam inbox TELKOM.NET - kemudian menyimpannya ke dalam hard disk. Setelah pembacaan dan penyimpanan seluruh e-mail selesai, Internet sudah dapat dimatikan. Selanjutnya e-mail sudah dapat dibaca dengan Outlook Express satu per satu tanpa pulsa berjalan. Untuk melihat bagaimana bentuknya Oulook Express klik di sini. PERHATIAN: TELKOM.NET hanya dapat digunakan dengan TELKOMNet-Instan.

0 comments :

Post a Comment

Share |