EnglishFrenchGermanSpainItalianDutch RussianPortugueseJapaneseKorean ArabicChinese Simplified
Choose Your Language

Thursday 31 July 2014

Tempat Wisata Di Papua


Papua merupakan salah satu provinsi terluas yang ada di Indonesia yang letaknya di tengah Pulau Papua. Di sebelah timur Pulau Papua berbatasan dengan negara Papua Nugini. Di samping memiliki luas  provinsi yang terluas di Indonesia, Papua juga memiliki flora dan fauna yang menarik yang berbeda dari daerah lainnya di Indonesia. Tidak hanya itu saja, Papua juga memiliki sumber kekayaan alam yang melimpah. Papua juga memiliki tempat wisata yang tidak kalah menarik dan indahnya yang semakin hari semakin banyak peminat dari para wisatawan baik wisatawan domestik maupun mancanegara. Banyak yang tertarik untuk mengunjungi Papua untuk menikmati keindahan alam bumi Papua. Berikut akan saya rangkum sedikit mengenai beberapa tempat wisata di Papua yang dapat dikunjungi untuk liburan bersama keluarga maupun dengan teman.
  1. Raja Ampat
Raja Ampat
Raja Ampat merupakan suatu kepulauan yang letaknya di Irian Jaya Barat. Raja Ampat adalah salah satu tempat wisata di Papua yang memiliki kekayaan alam yang indah yang tidak ada duanya. Di tempat wisata ini memiliki jenis terumbu karang sekitar 75%. Salah satu tempat wisata alam di Papua ini cocok bagi yang memiliki hobi diving. Dengan keindahan makhluk hidup bawah lautnya tentu akan sangat sayang dilewatkan begitu saja saat berkunjung ke tempat ini. Tetapi untuk melakukan penyelaman sebaiknya pesan lebih dulu karena untuk melakukan penyelaman di sini sudah banyak daftar antri yang panjang dari banyaknya wisatawan domestik maupun dari mancanegara.
  1. Danau Sentani
Danau Sentani
Danau Sentani yang letaknya di Papua tepatnya di Kecamatan Sentani ini memiliki ketinggian 70 – 90 m dari atas permukaan laut. Tempat wisata di Papua ini letaknya juga di antara pegunungan Cyclops. Salah satu tempat wisata alam di Papua ini adalah sebuah danau vulkanik yang asal sumber airnya dari 14 sungai yang terdiri dari sungai besar dan juga sungai kecil yang kesemuanya itu bermuara ke Sungai Jaifuri Puay. Di Danau Sentani juga terdapat hutan rawa yang letaknya di daerah Simporo dan Yoka di sebelah timur dan tengah Danau Sentani.
Dasar perairan danau ini terdapat substrat lumpur yang berpasir atau humus. Dan di perairan yang dangkal banyak ditumbuhi oleh tanaman pandan dan juga sagu. Danau Sentani memiliki potensi wisata yang sangat berpotensi dengan udaranya yang sangat nyaman dan asri. Tempat wisata ini cocok sekali untuk menikmati pesona alamnya dengan memancing, berenang, bermain ski air, bersampan, dan kegiatan air lainnya. Seni tari tradisional yang ditampilkan dapat disaksikan oleh para pengunjung pada saat acara-acara festival atau di hari perayaan tertentu.
  1. Puncak Jayawijaya
Puncak Jayawijaya
Puncak Jayawijaya merupakan salah satu tempat wisata di Papua yang termasuk dalam tujuh puncak dunia dan menjadi incaran para pendaki gunung dari berbagai belahan dunia. Tempat wisata alam di Papua ini memiliki panorama yang sangat indah yang letaknya di Taman Nasional Laurentz, Papua. Puncak ini selalu tertutup oleh salju.
  1. Taman Nasional Teluk Cendrawasih
Taman Nasional Teluk Cendrawasih
Tempat wisata di Papua selanjutnya adalah Taman Nasional Teluk Cendrawasih. Tempat wisata ini merupakan taman nasional dengan perairan laut yang sangat luas di Indonesia. Di taman nasional ini terdapat 14 jenis flora yang dilindungi. Sebagian besar flora tersebut terdiri dari pohon kasuarina. Selain flora, juga terdapat beberapa fauna yang dilindungi juga, yaitu terdiri dari 36 jenis burung dan 18 diantaranya tersebut dilindungi, beberapa jenis penyu, dan 186 jenis moluska dan juga 209 jenis ikan. Area ini juga menjadi tempat habitat bagi ikan paus dan juga lumba-lumba. Kedua hewan ini dapat hidup berdampingan karena tidak adanya pemburu ikan paus maupun ikan lumba-lumba. Para pengurus taman nasional ini juga bertanggung jawab dengan memberikan makanan yang berlimpah kepada mereka yang telah disediakan oleh Teluk Cendrawasih.
Jika berkunjung ke Papua, jangan lupa untuk mengunjungi beberapa tempat wisata di Papua tersebut. Karena di sana akan ditemui banyak sekali pengalaman yang berbeda dalam berlibur dan jarang anda temui di kota-kota besar yang ada di Indonesia. Tidak ada salahnya jika harus merogoh kocek yang tidak sedikit untuk menikmati panorama Papua yang fenomenal karena apa yang kita dapatkan di sana tidak akan mengecewakan kita.

0 comments :

Post a Comment

Share |